SMK Tamansiswa 2 Jakarta Sedang Mengembangkan Presensi Siswa dengan Kartu RFID dan SMS Gateway

22/11/2011 08:47

RPL BISA !!!

 

Sejauh ini kebanyakan sekolah untuk mendata siswa yang hadir masih menggunakan 'jasa' guru piket untuk keliling mengedarkan lembar kehadiran ketiap kelas untuk mendata siswa mana saja yang hadir dan yang absen. Kerap kali dihadapkan masalah ketika guru piket berhalangan hadir, siapa yang akan keliling mendata siswa tiap kelas???, Masalah juga timbul ketika ada siswa yang tidak hadir di sekolah (dari rumah berangkat) tetapi orangtua siswa tidak tahu, mungkinkah setiap hari dengan jumlah ratusan siswa menghubungi orangtua siswa satu persatu???

Untuk itu SMK Tamansiswa 2 - sekolah berbasis IT, yang sebelumnya telah mengembangkan presensi dengan RFID untuk pamong-nya (pamong = guru tamansiswa) kini mengembangkan presensi dengan RFIDnya untuk siswa. Siswa ketika datang kesekolah langsung melakukan presensi dengan mendekatkan kartu RFID-nya ke RFID Reader yang telah dihubungkan dengan PC. Seketika itu pula SMS Gateway akan mengirimkan SMS ke nomor ponsel orangtua yang memberitahukan bahwa siswa telah hadir di sekolah.

Dengan software yang telah dikembangkan RPL SMK Tamansiswa 2 ini, orangtua siswa juga dapat me-request kehadiran siswa berdasarkan tanggal, minggu, atau bulan. Untuk kedepannya akan dikembangkan SMS administrasi, salah satunya biaya sekolah.

Semoga dengan sedikit ilmu kita yang diaplikasikan untuk masyarakat luas dapat menambah keberkahan ilmu kita !